Agenda Jalan-Jalan 207 Kades di Luwu ke Bandung Habiskan Anggaran Rp 5.3 Miliar

 



Jumat 13 September 2024, 14:23 WITA


Oleh: Adi Barapi



Editor: Putri Novasari



Luwu, hnmindonesia.com, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan bersama PT Putri Dewani Mandiri akan memboyong seluruh Kepala Desa dan perangkatnya ke lokasi wisata Desa Cibiru Wetan, Bandung- Jawa Barat.



Kunjungan jalan-jalan berkedok studi tiru ini menghabiskan anggaran hingga Rp 5.3 miliar jika seluruh kepala desa bersama satu orang stafnya mengikuti kunjungan tersebut.



"Ini kegiatan yang mubasir dan tidak jelas manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Kami berharap Kejaksaan bisa memonitor kegiatan tersebut," kata Ismail Ishak, Ketua Forum Pemuda Pemantau Kinerja Eksekutif dan Legislatif (FP2KEL), Jumat (13/9/2024).



Informasi yang dihimpun, setiap kades atau stafnya yang akan berangkat, dipatok biaya Rp 13 juta/ orang. Biaya tersebut sudah termasuk  akomodasi, transfortasi, makan minum, pelatihan dan kunjungan wisata ke bandung.



"Tidak ada yang urgent dari agenda jalan-jalan ini, apalagi dalam kondisi keuangan Pemda yang tidak baik-baik saja," ucapnya.



Kepala Bidang Pemerintahan Desa, DPMD Kabupaten Luwu, Jumliana mengatakan, belum mengetahui jumlah pasti Kepala Desa yang akan ikut.

"Tergantung desanya pak, semuanya kami serahkan ke desa masing-masing sesuai kebutuhan," kata Jumliana.



Jumliana menambahkan, DPMD tidak pernah menekan atau intervensi.



"Semua tergantung Kepala Desanya," ujarnya.(red/).
_____________




Previous Post Next Post