Dihadapan Ribuan Guru, Bupati Luwu Ingatkan Netralitas ASN di Tahun Politik: Kita Damai-Damai Saja

 



Rabu 12 Desember 2023, 09:23 WITA


Oleh: Tim HNM, Marwan


Editor: Adi Anugrah


Luwu, hnmindonesia.com - Bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang, mengingatkan seluruh Guru untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis apalagi di tahun politik ini. Hal itu disampaikan Bupati saat menghadiri puncak peringatan hari Guru Nasional di Lapangan Andi Djemma, Belopa, Selasa (12/12/2023) kemarin.


Dihadapan ribuan guru, Basmin berharap guru sebagai ujung tombak pendidikan generasi bangsa, untuk saling mengangkat derajat dan menjaga hubungan silaturahim yang baik.


"Kita damai-damai saja, tidak perlu saling menjatuhkan, berkompetisilah dengan sehat, jangan karena perbedaan pilihan kita bermusuhan, tetap jaga netralitas. ASN punya hak pilih tapi jangan pernah melibatkan diri dalam politik praktis, saya tegas soal itu," kata Basmin Mattayang, Selasa kemarin.


Pada kesempatan itu, Basmin menceritakan sejarah hidupnya yang dulunya juga berprofesi sebagai guru. 


"Saya juga berasal dari guru sama seperti bapak dan ibu guru semua, hanya saja garis tangan kita yang berbeda," ujarnya.


Bupati menambahkan, guru adalah profesi yang mulia, tugas utamanya adalah mendidik dan menularkan ilmu pada anak didiknya. Sehebat apapun profesi dan setinggi apapun pangkat dan jabatan seseorang, semua itu kata Bupati karena adanya peran penting dari seorang guru.


"Selamat hari guru untuk semua guru di tanah air, saya sekaligus berpamitan kepada bapak dan ibu guru semua, peringatan hari guru tahun ini, terakhir kita bersama, meski demikian kita akan terus saling mendukung dan menjaga silaturahim," ujarnya.


Pada kesempatan itu, Basmin mendapat hadiah puisi dari seorang guru. Puisi tersebut sebagai ungkapan terima kasih kepada Bupati selama dua periode menjabat Bupati.


"Saya terharu sekaligus bangga, ada guru yang begitu perhatian dan mau membuat puisi untuk saya, dan guru tadi akan berangkat umroh bersama kami," katanya.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Hasbullah bin Mush mengatakan, peringatan hari guru tahun ini dirangkaikan hari ulang tahun Bupati Luwu, 12 Desember 2023.


Selain itu, puncak peringatan hari guru juga dirangkaikan panggung hiburan rakyat, senam massal dan jalan sehat.


"Peringatan HGN tahun ini cukup meriah dan para peserta cukup antusias," kata Hasbullah.








Previous Post Next Post